Jumat, 10 Oktober 2008

Mari Bersepeda!

Dear smua!

Wooiii! Pada kangen kah kalian dengan kabar gw skarang?? Tenang, gw baek2 aj kok, gw lagi menikmati liburan semester gw, eniwei kalian smua gimana? Menikmati liburan juga? Or bingung nyari kegiatan buat ngisi liburan? Gw ada ide buat lo semua! Ternyata bersepeda itu slain menyehatkan, juga mengasyikan! Gw awalnya juga meremehkan, tapi setelah gw coba terjun ke dunia persepedaan, gw mulai menikmati yg namanya utak atik speda. Critanya gini, gw ada sepeda lawas, speda federal kira2 taon 90an gtu. Coz gw lum punya duit buat beli sepeda baru, gw putar otak, otak ad d kaki, kaki di otak. Dapatlah wahyu brupa oprek sepeda tua. Setelah berjuang mencari sparepart lawas nan murah, akhirnya cuma dengan budget skitar 700ribuan, gw dapet “old bicycle new look”(OBNL)! Klo orang2 suka menyebut MTB(mountaint bike) gw lebih suka degan sebutan OBNL. Jadi minggu2 sepulang gw dari Makassar, gw jadi orang sibuk, touring ksana sini, uda kaya aktivis lingkungan(mank gw aktivis kok!kwwkkw). Ditemani OBNL gw yg berwarna JOYTHEM(ijyo ithem) gw berhasil menaklukan Pesisir pantai Sanur, Daerah Malboro, Daerah Penatih. Sedangkan tempat2 laen cuma trek2 pendek yang sering gw laluin!

OBNL(Old Bycicle New Look)

Namanya "I Sompret"

Teringat hari pertama gw gowes speda di Denpasar city, haahhh, haahhh, hhahh, capenya!! speda gw masi udik, polos banget. Smua nya masi pure dari pabrikanx yg lama Federal. Dengan tekat yang mantap ,memandang dengan sepenuh hati bintang pagi yg bersinar di ufuk barat, gw injak pedal dan terdengar, CCNGGKKLLAAANGGG!!!, rantai2 tua gua berdesir menjerit kesakitan! Coz badan2nya yg penuh karat mulai bergesekan dengan gear2 sepeda gw. Dengan langkah berat speda gw mulai bergerak, gila berat amat! Tapi masih dengan semangat yang menggelora, gw lalui setiap jalan d kota Denpasar. (Maaph, paragraph nee ditulis setelah pembaca nonton Film Laskar Pelangi!haha)


Hari pertama gw sukses melewati alun2 kota Denpasar. Disini gw baru merasakan swatu kenikmatan beda saat bersepeda. Sepertinya mata mengarah ke arah gw. Hampir setiap mata yang sama2 berhenti di trafic light. Berikut ini gw buat beberapa keunggulan dan kekurangan seorang biker speda.

    Kelebihan :

  1. Gw mulai dari yg paling MENARIK dulu! Yeah, menarik perhatian, bgtulah. Sejak pertama gw bersepeda di Bali, gw ngera banyak yg merhatiin gw. Bahkan yg ada di belakang gw, biarpun gw ga bermata tiga ky Ten Shin Han, tapi gw ngerasa mreka merhatiin, ngahahahha(GR dikit).

  2. HEMAT ENERGI, tentunya dalam mendukung misi gw “save our earth”, gw harus mulai menyadari dampak dari polusi udara. Dengan bersepeda ke tempat2 yang dekat bukankah udah ikut mengurangi polusi udara di dunia?

  3. SEHAT! Ya, sehat adalah mahal. Sekarang banyak orang yg jarang dapet waktu buat berolahraga, kadang mreka mesti kluar duit lebuh buat ke-gym. Tapi dengan sepeda, smuanya bisa dilakukan. Bahkan buat aki2 yg lemah jantung, bersepeda sangat membantu.

  4. BANYAK LAGE! Ya, banyak lage manfaat yg bisa lo dapetin dengan bersepeda, slaen bisa kenalan am oom2 senang, juga kadang bisa ditraktir klo oom senangnya baek hati! Oiy, naek speda ga mungkin kena tilang kan?haha.


KEKURANGAN :

  1. DI UBER ANJING, klo yg nee mah lebih sesuai klo dibilang dengan KESIALAN. ntah knapa gw juga penasaran knapa anjing2 pada doyan nguber orang naek speda, ap coz suaranya brisik atw gimana padahal speda gw skarang nyaris ga ada bunyinya kecuali bunyi bannya, tapi masi aj gw jadi objek si anjing! Anjrit mank!

  2. DIPEPET nyaris DISREMPET! Idihhh, nee yg paling sering bikin gw kesel! Gimana engga, udah tau tak bermesin, masi aj dipepet. Seharusnya ada undang2 yang menyarankan -Dahulukan yg tidak bermesin, pejalan kaki, dan laen2-. Tapi klo di JKT sepertinya jarang, apa prasaan gw aj ya? Sepertinya orang2 d JKT lebih pengertian am bikerz!haha.


Demikian yang bisa gw uraikan, smoga bermanfaat n dapat membuka jantung sobat skalian, mari bersepeda, ikut mengurangi polusi di udara. Save Our Earth, keep green! C.U di next post ya..

Tidak ada komentar: